•Sejak jaman Romawi: aturan kereta berkuda masuk kota pada malam hari
•Sesudah timbul kemacetan – ilmu teknik lalulintas makin berkembang
•Perkembangan: penggunaan lampu lalulintas sebagai pengatur simpang
•Koordinasi lampu lalulintas:ATCS (Area Traffic Control System)
Lalulintas Harian Rata-rata
Volume Jam Perencanaan
Satuan Mobil Penumpang
Kapasitas
Arus lalulintas
Waktu antara (headway)
LHR dan V
LHR: Lalulintas Harian Rata-rata:lalulintas selama 24 jam pada hari
normal (kendaraan/hari)
VJP: Volume jam perencanaan: volume
jam puncak pada hari normal
(kend/jam)
VJP =k % x LHR
nilai k: sekitar 10 – 11 %
Satuan Mobil Penumpang
Ekivalensi kendaraan dengan mobil p enumpang.
Tergantung:
·besar kendaraan
·kecepatan kendaraan
Semakin besar: semakin tinggi
Semakin cepat: semakin rendah
Kapasitas Jalan
Kapasitas: arus lalulintas maksimum
yang dapat lewat pada waktu tertentu,dengan kondisi yang ditetapkan
Kapasitas praktis:
·arus lalulintas yang masih memberikan
kecepatan yang dapat diterima, atau
·arus lalulintas maksimum dengan batas
Kenyamanan tertentu
Tingkat pelayanan
tingkat pelayanan ditentukan oleh:
·perbandingan antara arus dengan
kapasitas
·kecepatan rata-rata
untuk daerah perkotaan diambil pada
jam sibuk (jam puncak)
Tingkat pelayanan:
·A: kendaraan bebas menentukan kecepatannya
·B: sedikit hambatan
·C: kondisi stabil, kebebasan manuver terbatas
·D: arus tidak stabil, kadang harus memperlambat
·E: sangat tidak stabil, kadang macet
·F: Macet
Waktu antara (headway)
selang waktu kedatangan antara dua
kendaraan yang berurutan
Kapasitas: arus lalulintas maksimum
0 komentar:
Post a Comment